Kapolresta Solo Ungkap Jumlah Anggota dan Kegiatan Khilafatul Muslimin di Laweyan 

Kelompok Khilafatul Muslimin tengah menjadi sorotan, karena diduga menyebarkan ajaran yang menentang Pancasila. Pemerintah melalui BNPT mendugaKhilafatul Muslimin menyebarkan faham khalifah. Organisasi ini tengah menjadi sorotan, terlebih usai viral aksi konvoi dan penangkapan pimpinan kelompok Khilafatul Muslimin, Abdul Qadir Baraja pada Selasa (7/6/2022) di Lampung.

KeberadaanKhilafatul Musliminini juga ditemukan di KotaSolo. Bahkan kantornya secara terang terangan memasang dua plakat bertuliskanKhilafatul MusliminUmmul Quro KotaSolo, danKhilafatul MusliminKemas'ulan Laweyan. Pemasangan plakat itu berada di rumah milik Walimin di Gang Sawo 4 nomor 8, RT 1/IX Kelurahan Karangasem, Kecamatan Laweyan, KotaSolo.

KapolrestaSolo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan,Khilafatul Muslimin diSolotelah berhasil menjaring puluhan orang. "Anggotanya ada 31 orang, 19 diantaranya warga aktif," katanya, Kamis (9/6/2022). Khilafatul Muslimin di Solo sudah cukup lama berdiri.

Mereka sering menggelar kegiatan rutin, yang diikuti anggotaKhilafatul Muslimin. "Kegiatannya adalah pengajian rutin, berkeliling ke masing masing jamaahnya," ujarnya. "Setiap 4 bulan sekali, mereka menggelar konvoi dengan menyebar brosur untuk mengajak orang lain atau menanamkan ideologiKhilafatul Muslimin," tambahnya.

Kapolresta menuturkan, kegiatan konvoiKhilafatul Muslimin ini pernah ditemukan di Kabupaten Klaten beberapa waktu lalu. SehinggaPolrestaSolosegera merespon, saat ditemukan kantorKhilafatul Muslimin di KotaSolo. "Ini juga pengembangan penyelidikan dan penyidikan Polres Klaten terkait konvoiKhilafatul Muslimin beberapa waktu lalu di Klaten," kata dia.

"Koordinasi efektif kita lakukan, untuk mengungkap ada atau tidaknya tindak pidana. Nanti kita tindak lanjuti melalui gelar perkara dari hasil penyelidikan dan penyidikan yang kita lakukan," tambahnya. Kapolresta mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang, dan menyerahkan sepenuhnya kepada Polri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

© Beli. All Rights Reserved.