Northvolt dan Volvo Cars akan Bangun Pabrik Baterai Baru di Swedia

Volvo Cars dan pengembang serta produsen baterai untuk kendaraan listrik (EV) asal Swedia, Northvolt mengumumkan akan membangun pabrik baterai di Gothenburg, Swedia Barat. Tahun lalu, kedua perusahaan telah membentuk usaha patungan untuk mengembangkan baterai, termasuk mendirikan sebuah pabrik raksasa untuk produksi baterai dan pusat penelitian dan pengembangan dengan total dana investasi sekitar 3,3 miliar dolar AS. CEO Northvolt, Peter Carlsson mengatakan mantan eksekutif Tesla, Adrian Clarke ditunjuk sebagai pemimpin perusahaan produksi. Carlsson sebelumya juga bekerja untuk produsen mobil listrik, Tesla.

“Dia datang dengan pengalaman panjang dari Tesla serta tentang bagaimana membangun pabrik jenis ini,” ujar Peter Carlsson, seperti dilansir Reuters, Minggu (06/02/2022). Kepala Teknik dan Operasi Volvo Cars, Javier Varela mengungkapkan faktor utama pemilihan lokasi pabrik di kota kelahiran Volvo Cars, Gothenburg, Swedia karena akses ke energi, keterampilan, dan infrastruktur yang bebas fosil. Pabrik baru 50 gigawatt hour (GWh) yang diperkirakan mulai beroperasi pada 2025, akan membuat sel baterai yang dikembangkan secara khusus untuk dipasang di mobil listrik Volvo dan Polestar serta akan memperkerjakan hingga 3.000 pekerja.

Northvolt menjadi perusahaan Eropa pertama yang merancang dan memproduksi baterai di Eropa. Gigafactory Northvolt di kota Skelleftea, Swedia, melakukan perakitan sel baterai pertamanya pada akhir Desember. Produsen dan pengembang baterai yang sebagian sahammnya dipegang oleh Volkswagen ini, telah menerima kontrak senilai lebih dari 30 miliar dolar AS dari BMW, Fluence, Scania, Volkswagen, Volvo Cars, dan Polestar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

© Beli. All Rights Reserved.