Sosok Olena Zelenska, Ibu Negara Ukraina yang Berjanji Tak Akan Kabur dari Serangan Rusia

Sebuah pesan haru ditulis oleh Istri Presiden Ukraina Vlodymyr Zelensky, Olena Zelenska, di media sosial. Pesan itu pun viral. Bersama suami, sang istri berkomitmen mempertahankan negaranya dari serangan militer Rusia.

Ia menyampaikan pesan haru saat pasukan Rusia melakukan serangan ke wilayah Ukraina pada Kamis (24/2/2022). "Rakyatku tercinta! Orang orang Ukraina! Aku melihat kalian hari ini. Semuanya aku pantau lewat TV, jalan, dan internet. Aku melihat semua unggahan dan video kalian. Dan kalian tau? Kalian semua luar biasa!" ujar Olena melalui postingan di akun Instagram pribadinya pada Jumat (25/2/2022). "Aku bangga karena tinggal di negara yang sama dengan kalian," tambahnya.

Olena dan suaminya berusaha sebisa mungkin mempertahankan negara Ukraina dari serangan Rusia. Dia dan keluarganya setia bersama rakyat Rusia dan tidak akan pernah melarikan diri. "Hari ini aku tidak akan panik dan menangis. Aku akan tenang dan percaya diri," ujar Olena.

"Anak anakku melihat aku di sini. Aku akan berada di samping mereka. Dan di samping suamiku. Dan bersama kalian. Aku mencintai kalian semua. Aku mencintai Ukraina!," tutup ibu dua anak ini. Sebelumnya Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyebut dirinya menjadi target nomor satu Rusia. Selain itu ia juga menyebut keluarganya juga menjadi target nomor dua Rusia.

"Menurut informasi kami, musuh telah mencantumkan saya sebagai target nomor satu dan keluarga saya sebagai target nomor dua. Mereka ingin menghancurkan negara secara politik, memberhentikan kepala negara," ujar Zelensky di Kiev pada 24 Februari 2022. Dilansir dari Parapuan, Sosok yang memiliki nama asli Olena Kiyashko ini lahir di Kryvyi Rih pada 16 Februari 1978. Dahulu ia dan Presiden Zelensky merupakan teman satu sekolah namun tidak akrab.

Bahkan Presiden Zelensky mengaku saat itu tidak mengenal Olena. Kemudian keduanya bertemu dan saling mengenal satu sama lain saat berkuliah di jurusan Teknik Sipil Universitas Nasional Kryvyi Rih. Setelah itu keduanya berpacaran selama 8 tahun dan memutuskan untuk menikah pada tahun 2003.

Pada 21 Januari 2013, Olena dan Presiden Zelensky dikaruniai seorang anak pertama yang diberi nama Kyrylo. Olena diketahui tidak meneruskan kariernya di bidang arsitek meski telah mengambil jurusan teknik sipil. Namun ia kini malah menjadi penulis naskah acara untuk Kvartal 95 yang merupakan sebuah perusahaan hiburan di Ukraina. Saat masih muda, ia kerap menemani Zelensky dalam penampilan penampilannya saat masih menjadi seorang komedian.

Pada 20 Mei 2019, Olena resmi menjadi ibu negara Ukraina dan banyak muncul di media termasuk majalah Vogue edisi Desember. Dalam wawancaranya dengan Vogue, ia banyak berbicara soal inisiatif pertamanya mengenai reformasi nutrisi di sekolah sekolah Ukraina. Berkat inisiatifnya, reformasi sistem nutrisi sekolah dimulai dengan menu sekolah baru yang dikembangkan oleh chef Ievgen Klopotenko dari CultFood. Reformasi sendiri merupakan program yang kompleks mulai dari peningkatan kualitas, gizi pangan, dan keamanan pangan hingga penyediaan sumber daya ke sekolah. Saat itu menu sekolah sekolah di Ukraina juga diperbarui menjadi 160 item, termasuk hidangan tradisional Ukraina dan hidangan populer dari berbagai masakan dunia.

Inisiatif Olena ini disetujui oleh Kabinet Menteri Ukraina soal standar makanan baru, yang mulai berlaku pada 1 September 2021. Setelah itu pada Desember 2019, ia mengisi pidato di Kongres Wanita Ukraina ketiga dan memprakarsai akses Ukraina ke inisiatif internasional G7 tentang kesetaraan gender untuk The Biarritz Partnership. Lalu pada September 2020, Ukraina berstatus resmi sebagai anggota The Partnership Biarritz. Volodymyr Zelensky lalu memasukkan Olena ke dalam dewan Art Arsenal, yang dipimpin oleh Menteri Kebudayaan Volodymyr Borodiansky pada Januari 2020.

Kemudian Olena Zelenska juga banyak bercakap panjang dengan warga Ukraina tentang bebas hambatan atau Barier Free pada Mei 2020. Barier Free merupakan mitra proyek Kementerian Transformasi Digital dan Kementerian Kebijakan Sosial Ukraina yang bertujuan untuk menghilangkan hambatan yang ada di masyarakat Ukraina. Kemudian pada 1 Juni 2020, Olena dan UNICEF di Ukraina menandatangani Nota Kesepahaman.

Masih di bulan yang sama, Olena Zelenska memulai inisiatif untuk menyebarkan bahasa Ukraina di dunia dan pengenalan panduan audio berbahasa Ukraina di tempat tempat paling ikonik, seperti di museum terbesar di dunia. Inisiatif Olena membuat Bahasa Ukraina mulai didengarkan di museum museum di Azerbaijan, Austria, Italia, Latvia, Turki, dan Montenegro, serta di dua rute bus Lituania. Pada tahun 2021, Ibu Negara Olena Zelenska mempresentasikan inisiatif panduan audio berbahasa Ukrainanya ke museum Mount Vernon (rumah Presiden AS pertama) dan ke Museum Seni Rupa San Francisco di California.

Olena juga pernah berbicara di Kongres Wanita Ukraina Keempat, yang menyatukan tokoh tokoh publik Ukraina dan internasional, politisi, pejabat pemerintah, pakar, dan pemimpin opini untuk persamaan hak bagi perempuan dan laki laki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

© Beli. All Rights Reserved.