Update Pandemi Covid-19: Tren Penurunan Kasus di 14 Provinsi dan Kasus Harian 6 Provinsi Melandai

Juru Bicara Vaksinasi Covid 19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi menyampaikan beberapa update penangan Covid 19 secara nasional. Ia menyebutkan jika minggu ini, penanganan pandemi menunjukkan perbaikan. Mulai dari angka kesembuhan, kasus harian, angka positif dan pasien Covid 19 yang sedang melakukan perawatan.

Di sisi lain, kasus konfirmasi harian memang telah melewati puncak kasus Delta. Dan saat ini terjadi penurunan secara konsisten selama 10 hari terakhir. Belajar dari pengalaman negara lain, Nadia menyebutkan untuk melewati kasus puncak, dibutuhkan kurang lebih 15 hari puncak angka kematian, setelah puncak kasus konfirmasi harian. "Meski demikian, kita tidak boleh lalai, perkembangan ini seharusnya semakin meningkatkan upaya lebih keras dalam mengendalikan Covid 19 menuju endemi," ungkapnya dalam konferensi pers virtual, Selasa (1/3/2022).

Nadia pun memaparkan setidaknya telah ada 14 provinsi yang mengkonfirmasi penurunan kasus dan perawatan pasien dalam satu minggu terakhir di bulan Februari. "Di antaranya DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, NTB, Maluku, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua dan Papua Barat mengalami trend penurunan kasus harian," paparnya. Kemudian ada 6 provinsi yang kasus hariannya melandai. Di antaranya Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat,Gorontalo, Bengkulu dan Lampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

© Beli. All Rights Reserved.