Cara Memilih Oli Mobil

Saat ganti oli mobil, kita tentu ingin memakai oli yang bagus untuk mesin mobil kita. Sehingga performa mesin akan semakin bagus setelah mengganti oli. Namun, bagaimana cara memilih oli yang bagus untuk mesin?

Cara Memilih Oli Mobil

Perhatikan Spesifikasi Kendaraan

Cara pertama untuk mengetahui jenis oli yang paling tepat adalah dengan memahami spesifikasi mobil Anda. Semua informasi tentang kebutuhan pada mobil bisa Anda dapatkan di buku manual mobil. Jika Anda masih ragu, Anda bisa juga langsung datang ke bengkel resmi tempat di mana biasa Anda mengganti oli untuk berkonsultasi oli mana yang paling sesuai dengan spesifikasi mobil.

 

Pilih oli bersertifikasi

Oli yang beredar di pasaran memenuhi standar terbaik yang dikeluarkan badan pengurus sertifikasi. Adapun beberapa jenis sertifikasi oli yang beredar saat ini antara lain API, ACEA, ILSAC, SAE, dan JASO. Pastikan Anda memilih oli yang telah mengantongi salah satu sertifikasi tersebut seperti oli Ecstar. Oli resmi keluaran Suzuki ini telah memiliki sertifikasi API Service hingga tingkat SN yang merupakan standar kualitas pelumas.

 

Perhatikan Tingkat Kekentalan Oli

Oli mesin terbagi jadi beberapa tingkat kekentalan, kayni encer, sedang dan kental. Semua tingkat kekentalan oli memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing. Oli yang tingkat kekentalannya rendah, semakin mudah mengalir untuk melumasi bagian komponen mesin yang perlu perlindungan. Pada oli yang encer, dia bisa bekerja meski mesin dalam suhu rendah sekalipun. Sementara itu semakin kental oli, biasanya akan optimal fungsinya pada saat suhu mesin semakin tinggi.

 

Seberapa kental oli mesin menjadi indikator seberapa efektif oli untuk bisa mudah mengalir dan melapisi seluruh bagian komponen mesin yang perlu perlindungan. Seberapa kental oli mesin sendiri diidentifikasi oleh SAE (Society of Automotive Engineer) dan untuk mengetahui kekentalannya ANda bisa melihat kode pada kemasan oli. Kode ini biasa memiliki huruf W pada nama oli dengan angka yang berbeda-beda menunjukkan tingkat kekentalan pelumas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Beli. All Rights Reserved.