Ini yang harus dilakukan setelah membeli mobil bekas

Mobil bekas masih menjadi pilihan bagi yang membutuhkan mobil tetapi dengan budget yang kecil. Apalagi rata-rata harga mobil Daihatsu bekas lebih murah. Memang, ada kiat-kiat dalam membeli mobil bekas demi meminimalisir potensi mendapatkan unit yang banyak masalah. Meski demikian, agar lebih aman serta meyakinkan, Anda disarankan untuk melakukan pengecekan dan penggantian beberapa komponen. Setelah membeli mobil bekas, Anda bisa lakukan beberapa hal ini.

Ini yang harus dilakukan setelah membeli mobil bekas

Bersihkan eksterior dan interior mobil

Kemungkinan besar, mobil bekas yang Anda pilih dan beli sudah dibuat sewangi dan sebersih mungkin oleh dealer atau individu penjualnya. Meski begitu, demi kenyamanan serta kesehatan diri sendiri serta keluarga, sebaiknya bersihkan eksterior maupun interior mobil agar sisa bakteri, virus, kotoran, atau kuman bisa hilang. Terlebih setelah pandemi Covid-19, kebersihan jadi sangat diperhatikan.

 

Ganti semua cairan dalam kendaraan

Penggantian perlu dilakukan, karena ada kemungkinan cairan-cairan ini sudah lama tidak diganti. Atau seandainya diganti, belum tentu sesuai rekomendasi pabrik. Tindakan ini seperti me-reset segala hitungan pemakaian cairan dari awal. Khusus oli mesin, sebaiknya oli dikuras sampai benar-benar bersih. Prosedurnya sama seperti saat pengurasan oli mobil ketika akan berganti merek oli.

 

Cek roda dan kaki-kaki

Ini wajar karena kaki-kaki merupakan sektor yang amat terdampak oleh benturan-benturan antara roda dengan permukaan jalan. Jangan lupakan pula kalau kondisi permukaan jalan di jalur non-tol atau bahkan tol di Indonesia kerap berlubang dengan ukuran dan kedalaman beranekaragam. Makanya, usai membeli mobil bekas, jangan lupa pula memeriksakan berbagai bagian dari kaki-kaki semisal shockbreaker, tie rod, ball joint, bushing, bearing di bengkel kepercayaan Anda.

 

Ganti filter

Setelah pergantian segala cairan, perlu juga diikuti penggantian segala filter. Ada berbagai jenis filter tergantung dari jenis mobilnya, antara lain: filter oli, filter udara, filter kabin, filter bahan bakar, dll. Penggantian komponen fast moving ini penting karena kita tidak tahu kapan terakhir kali filter-filter ini diganti. Langkah ini sekaligus kesempatan kita mengganti filter-filter sesuai rekomendasi dari pabrik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Beli. All Rights Reserved.